Current Articles | Categories | Search

TNI ANGKATAN LAUT IKUT KEMBANGKAN PROGRAM PERPUSTAKAAN

 
 
Cilangkap, Jakarta—Disaksikan para petinggi TNI Angkatan Laut (TNI-AL), pejabat eselon Perpustakaan Nasional (Perpusnas), pihak rektorat Univesitas Negeri Jakarta (UNJ), beserta jajaran Direksi PT KAI (Persero) dan Bank Mandiri (Tbk), Kepala Perpustakaan Nasional RI Sri Sularsih dan Kepala Staf AL Soeparno menandatangani Piagam Kesepakatan Bersama (PKB). Penandatanganan dilakukan di Lobby Gedung RE Martadinata, Komplek Mabes AL, Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis, (26/01).

Lingkup PKB antara Perpusnas dengan TNI AL direncanakan berlangsung selama lima tahun, meliputi bidang pengembangan Sumber Daya Perpustakaan dan pengadaan bantuan koleksi bagi kebutuhan Kapal Pintar. Kapal tersebut nantinya akan dioperasionalkan personil AL guna memenuhi kebutuhan informasi dan ilmu pengetahuan masyarakat di sekitar Kepulauan Riau. Kapal Pintar sedianya dibuat oleh Bank Mandiri bekerjasama dengan TNI AL.

Kaperpusnas dalam sambutan singkatnya mengatakan bahwa MOU ini sangat penting bagi pengembangan perpustakaan dan minat baca, khususnya di daerah-daerah kepulauan yang belum terjangkau optimal. “Saat ini Perpusnas baru memiliki delapan unit Kapal Perpustakaan Keliling yang tersebar di beberapa titik kepulauan di Tanah Air”.

Kapal Pintar Lantamal IV merupakan program perpustakaan bergerak yang dilengkapi buku-buku pengetahuan dan alat peraga yang ditujukan bagi anak usia dini hingga Sekolah Menengah Atas. Lantamal IV adalah salah satu Komando Pelaksana di jajaran Komando Armada Kawasan Barat (Kormabar) yang memiliki wilayah kerja meliputi Provinsi Kepulauan Riau dan Kalimantan Barat. Pengadaan Kapal Pintar tersebut juga bagian dari program Bhakti TNI AL.

Kesepakatan ini adalah bukti program nyata pemerintah demi menyukseskan Gerakan Nasional Pembudayaan Kegemaran Membaca yang telah dicanangkan oleh Wakil Presiden RI Boediono di Sasono Langen Budoyo, TMII, Oktober 2011 lalu. Sedangkan bagi TNI AL, kerjasama ini adalah pola kerjasama yang dilakukan secara mutualistik dan profesional karena melibatkan instansi pemerintah maupun swasta. “TNI AL senantiasa mendukung program pembangunan nasional. Kerjasama ini juga mengandung makna penting serta memiliki nilai prospektif yang baik dan strategis dalam mengoptimalisasi sumber daya yang ada,” imbuh Kasal Soeparno.

Upaya pemerintah dalam memasyakatkan perpustakaan dan gemar membaca masih memerlukan kerja keras dan keseriusan semua pihak. Masih banyak masyarakat yang belum menganggap perpustakaan dan kegemaran membaca adalah bagian dari kebutuhan hidup.

Selain dengan Perpusnas, pihak TNI AL pada kesempatan melakukan PKB dengan UNJ dalam hal pendidikan dan pelatihan, dengan PT KAI (Persero) meliputi pemanfaatan sarana prasarana Barang Milik Negara, dan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara TNI AL dengan Bank Mandiri berupa pengadaan Kapal Pintar Lantamal IV.

Kegiatan PKB dan PKS diakhiri dengan penyerahan cindera mata dari masing-masing instansi dan foto bersama.***

posted @ Wednesday, December 04, 2013 4:00 PM by AAL

Previous Page | Next Page